Orang Indonesia biasanya pergi ke Mekah untuk menjalankan ibadah haji, umrah, atau bahkan bekerja disana. Tapi, terlepas dari apapun aktivitas anda disana, nyatanya kota suci umat Islam ini memiliki banyak destinasi tujuan wisata Mekkah yang sayang jika dilewatkan jika anda tengah berada di Arab Saudi.

Kali ini kami akan berbagi beberapa destinasi wisata Mekkah yang paling populer.

Wisata Mekkah

Masjidil Haram

wisata-mekkah

Selain menjadi tempat ibadah haji dan umrah, Masjid di Mekkah yang dipandang sebagai tempat suci oleh umat Islam ini juga memiliki daya tarik bagi wisatawan mancanegara, termasuk mereka yang non-muslim.

Masjid terbesar di dunia ini dibangun mengelilingi Ka’bah dan dikunjungi berjuta-juta umat muslim setiap tahunnya.

Kota Al – ‘Ula

wisata-mekkah-1

Kota di barat laut Arab Saudi yang sudah berumur lebih dari 2.000 tahun ini kini dijadikan sebuah situs kuno destinasi wisata Mekkah yang pada zaman dahulu sempat menjadi pusat perdagangan.

Gua Hira

wisata-mekkah-2

Gua ini merupakan salah satu objek wisata Mekkah yang terletak di Jabal Nur -sekitar dua mil dari Makkahh- yang pernah menjadi tempat Nabi Muhammad SAW menerima wahyu pertama dari Allah SWT melalui perantara Malaikat Jibril. Gua dengan struktur tebing agak curam ini merupakan tempat menyendiri Nabi Muhammad dari penduduk ketika dirinya masih belum mengenal Allah SWT.

Jamarat Bridge

wisata-mekkah-3

Jamarat Bridge adalah tempat wisata Mekkah yang wajib dikunjungi tidak hanya oleh umat Islam, melainkan juga bagi mereka yang non-muslim, sebab tempat ini sangat signifikan diantara tempat-tempat wisata Mekkah lainnya.

Jabal Magnet

wisata-mekkah-4

Jabal Magnet merupakan lembah wisata Mekkah yang jadi lokasi adanya “pertentangan gravitasi”. Jabal Magnet bebas dikunjungi oleh penduduk non-muslim. Kawasan ini diyakini memiliki daya dorong, dimana kalau anda membawa mobil kesana dan menetralkan persneling, maka niscaya Mobil yang anda tumpangi akan “tertarik” secara perlahan-lahan, kemudian mobil akan berjalan dengan sendirinya dan melaju semakin cepat, bahkan dapat kecepatannya bisa sampai 120 kilometer/jam.

Pasar Bab Mekkah

wisata-mekkah-5

Pasar Bab merupakan pasar tradisional di Mekkah yang bisa Anda kunjungi untuk membeli souvenir atau barang khas untuk dibawa pulang. Pasar ini tepatnya berlokasi di Suhaifa dan buka sejak pagi sampai menjelang Dzuhur setiap harinya. Pasar ini menjadi salah satu destinasi wisata Mekkah favorit para wisatawan karena menjual barang-barang yang lengkap dan harga terjangkau apabila dibandingkan dengan pusat perbelanjaan lainnya di Arab Saudi.

wisata-mekkah-6

Arafah merupakan tempat jama’ah haji melakukan Wukuf yang merupakan bagian dari salah satu rukun Haji. Arafah ini bisa dibilang replika Padang Mahsyar, yang merupakan tempat manusia dibangkitkan Allah SWT pada hari akhir.

Field Report Ke Macau Bermain Casino